Rabu, Juni 18, 2008

Selamatkan Indonesia!


Judul : Agenda Mendesak Bangsa: Selamatkan Indonesia!
Pengarang : Amien Rais
Penerbit : PPSK Press
Harga : Rp. 54.000 (bisa dapet lebih murah kalo lo beli di Toga Mas)

"Selamatkan Indonesia!", karangan Pak Amien Rais, buku yang menurut gw keren banget. Gw gak nyesel beli buku ini, karena ternyata bisa jadi referensi buat jawaban UAS mata kuliah Studi Kawasan (SK), hehe..

Tapi buku ini emang keren banget, memaparkan apa yang sebenarnya terjadi di pemerintahan negara kita yang tercinta ini. Menurut gw, buku ini politik banget memang (secara penulisnya alumni HI UGM bo!), dan gw bareng satu temen gw (Maulvi Dzikrana Muhammad, HI UGM 07) setuju, bahwa baca buku ini sama dengan lo kuliah tiga tahun di HI UGM (rada lebay memang).

Gw inget banget, waktu acara bedah buku yang diadain di MM UGM (HI UGM juga ngadain lho, tanggal 23 Juni 2008 @ University Center, tapi tiketnya dah abiz), pesan Pak Amien setelah baca buku ini adalah: Marah! Dan gw emang emosi banget setelah baca buku ini, terutama di bab Pax Americana dan Korporatokrasi. Disitu ketahuan betapa bodohnya Indonesia, betapa Indonesia begitu gampang dibodoh-bodohi oleh negara kapitalis (baca: Amerika Serikat), betapa Indonesia tidak mampu memanfaatkan hak yang dimilikinya untuk mengatur dirinya sendiri.

Di buku tersebut diungkapkan bahwa sesungguhnya Indonesia sudah kehilangan kedaulatannya. Gimana enggak, 95% saham BUMN boleh dimiliki oleh pihak asing. Bayangkan, 95%!!! Satelit Palapa dikuasai Singapura, itu jelas-jelas mengancam kedaulatan Indoensia. Gak cuma itu, banyak lagi saham strategis bangsa yang dikuasai asing. Parahnya, UU lah yang mengizinkan hal itu.

Bisa dibilang, Indonesia sebenarnya belum merdeka. Indonesia kembali dijajah, hanya saja saat ini oleh negara yang berbeda dan dengan cara yang berbeda. Indonesia sama seklai gak memiliki kedaulatan atas wilayahnya, kebijakan-kebijakan yang diambil didikte oleh negara kapitalis. Bahkan, kebijakan untuk menaikkan BBM ada hubungannya sama peminjaman utang luar negeri. Jika BBM dinaiki, maka Indonesia diperbolehkan untuk menambah pinjamannya. Parah kan?

Tapi tenang aja, buku ini gak cuma bisa mengkritik, buku ini juga memberikan saran untuk pemerintahan dalam bab Kesimpulan dan Saran. Gw jadi makin suka buku ini, walaupun gw belom selesai baca bab itu.

Saran gw, lo mesti baca buku "Selamatkan Indonesia!" ini, truz pikirkan cara agar Indonesia bisa lepas dari cengkeraman negara kapitalis, dan merdekakan Indonesia kembali!

2 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik bagi pembaca di seluruh nusantara,promosikan artikel anda di www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!

http://nasional.infogue.com/
http://nasional.infogue.com/selamatkan_indonesia

Core-T mengatakan...

boleh pinjem... T.T